Label

Sabtu, 24 Maret 2012

KONSEP DASAR PENDIDIKAN ISLAM

Dasar Pendidikan Islam Sebagai sebuah aktivitas yang bergerak dalam proses pembinaan kepribadian muslim, maka pendidikan Islam memerlukan asa atau dasar yang dijadikan landasan operasional proses pendidikan. Dasar tersebut yang akan membuat pendidikan berjalan sesuai dengan apa yang telah diprogramkan. Menurut Samsul Nizar, dasar yang menjadi acuan pendidikan Islam hendaknya merupakan sumber nilai kebenaran dan kekuatan yang dapat menghantarkan peserta didik (siswa) ke arah pencapaian pendidikan. Dan dasar yang terpenting dari pendidikan Islam adalah al-Qur’an dan sunnah Rasulullah (hadits). Menetapkan al-Qur’an dan hadits sebagai dasar pendidikan Islam bukan hanya dipandang sebagai kebenaran yang didasarkan pada keimanan semata, namun juga karena kebenaran yang terdapat dalam keduanya dapat diterima oleh nalar manusia dan dapat dibuktikan dalam sejarah atau pengalaman kemanusiaan. Kebenaran al-Qur’an mutlak dan tidak ada keraguan di dalamnya (Q.S. al-Qur’an (2): 2). Al-Qur’an akan selalu terjaga kemurniannya sepanjang masa (Q.S. al-Ra’du (15): 9). Adapun hadits, dalam pendidikan Islam mempunyai dua fungsi, yaitu: (1) menjelaskan sistem pendidikan Islam yang terdapat dalam al-Qur’an dan menjelaskan hal-hal yang tidak terdapat di dalamnya, (2) menyimpulkan metode pendidikan Islam ala Rasulullah bersama para sahabat, perilaku beliau terhadap anak-anak, dan pendidikan keimanan yang pernah rasulullah lakukan. Sementara itu, Sa’id Ismail Ali, sebagaimana dikutip Langgulung, menyebutkan ada 6 macam dasar pendidikan Islam, yaitu; al-Qur’an, Sunnah, qaul al-sahabat, masalih al-mursalah, ‘urf, dan pemikiran hasil ijtihad intelektual muslim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar